Site icon viworld info

Adobe Photoshop Illustrator indesign Luncurkan Versi Web

Adobe Photoshop Illustrator indesign Luncurkan Versi Web

Adobe Photoshop Illustrator indesign Luncurkan Versi Web – Adobe berencana untuk merilis software editing Photoshop dan Illustrator miliknya ke web, dan bisa langsung diakses lewat berbagai browser.

Perusahaan menyebutkan, pengguna tidak perlu men-download atau membuka aplikasi Photoshop dan Illustrator saat mengedit foto atau dokumen.

Dikutip dari The Verge, Kamis (28/10/2021), proses editing akan dilakukan secara langsung di laman web Photoshop atau Illustrator dengan mengandalkan teknologi cloud.

Meski dapat diakses lewat beragam jenis browser, kedua program ini ternyata miliki kemampuan yang terbatas–tidak seperti versi lengkapnya.

Disebutkan, pengguna dapat pilih layers, meninggalkan anotasi dan komentar, dan editing menggunakan tool standar, seperti eraser, spot healing brush, dan selection lasso.

“Kami tidak akan merilis semua fitur pada hari pertama peluncuran, tetapi kami ingin membuka semua tool editing paling dasar dan tepat bila ingin kolaborasi dengan klien,” ucap Scott Belsky, chief product officer Adobe.

Baca juga : Aplikasi WA Paling Banyak Diretas Tanpa Diretas 

Belsky menggambarkan, Photoshop versi web ini menawarkan “pengeditan tingkat ringan” yang bekerja dengan file “PSD”.

versi web ini bukan untuk tugas-tugas berat yang umumnya dilakukan di komputer. Versi yang satu ini ditujukan untuk berkolaborasi antara kreator dengan klien.

Seperti apa bentuknya?

  1. Kreator bisa membagikan karyanya versi web.
  2. Klien kemudian bisa memberikan input dan review di laman tersebut.
  3. Klien tak perlu subskripsi Adobe untuk mengakses fitur ini.

Apa saja yang bisa dilakukan di versi web tersebut?

  1. Perubahan kecil dan edit cepat.
  2. Tools yang ada bisa berupa seleksi, koreksi minor warna. dan lainnya.

Disebutkan Adobe Versi web Photoshop dan Illustrator pada akhirnya akan tersedia untuk semua pelanggan Creative Cloud. Ini adalah versi sederhana yang tidak memiliki semua fungsi aplikasi biasa. Pengguna aplikasi web ini dapat berbagi file Photoshop dan Illustrator dengan orang lain melalui URL. Penerima tidak memerlukan langganan Creative Cloud untuk melihat dan meninggalkan komentar, tetapi mereka perlu mendaftar untuk melakukan “pengeditan kecil”.

  1. Review dan commenting.

Pengguna tinggal mengupdate aplikasi yang digunakan ke versi terbarunya. Setelah itu, pengguna bisa langsung menggunakan fitur ini.

Adobe Kolaborasi dengan Lebih Mudah

Lebih lanjut, fitur-fitur itu menjadi salah satu tema besar yang diumumkan Adobe hari ini, yakni memudahkan orang untuk berkolaborasi di seluruh layanan Creative Cloud.

Photoshop dan Illustrator versi web bertujuan, untuk memudahkan orang yang dibagikan file tersebut dapat preview–oleh klien, editor, atau teman–agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sebelumnya, mereka dapat membuat catatan dan komentar pada dokumen. Tapi sekarang, jika diberikan akses, mereka juga bisa masuk dan membuat beberapa perubahan mendasar.

Seperti yang ditambahkan perusahaan pada hari Selasa Pekerjaan Baru untuk aplikasi CC-nya, termasuk Photoshop versi desktop. Photoshop mendapatkan file Arahkan sembunyikan otomatisyang menggunakan Adobe Sensei, mesin kecerdasan buatan perusahaan. Pengguna dapat menyembunyikan objek dalam gambar secara otomatis dengan mengarahkan kursor mouse ke atasnya. Juga akan ada filter saraf baru, yang juga menggunakan Adobe Sensei. Filter semacam itu dapat, misalnya, mensimulasikan warna langit saat matahari terbenam dalam foto lanskap.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video Yang Sedang Trend

Harus Jadi Subscriber

Bagi kamu yang ingin mencoba, saat ini Photoshop dan Illustrator versi web masih dalam tahap beta.

Selain itu, kamu juga harus menjadi subscriber Creative Cloud untuk mendapatkan akses tersebut.

Illustrator versi web saat ini hanya untuk pengguna yang mendapatkan undangan program beta.

Exit mobile version